HAL YANG MENGHAMBAT ADVERSITY QUOTION (AQ)

Standar

Image

                    Ada tiga hal yang dapat menghambat adversity quotion, yaitu :

  1. Ketidakberdayaan yang Dipelajari

                 Mereka yang tidak bisa dan tidak mau berusaha untuk menghadapi masalah tersebut, suatu saat ketika diberi masalah yang sama atau yang lebih mudah sekalipun mereka cenderung tidak bisa menyelesaikannya, sebaliknya mereka yang selalu mencoba untuk mengerjakan sesuatu sampai tuntas akan cenderung lebih mudah untuk menyelesaikan hal lainnya yang lebih berat .

     2. Memupuk Rasa Tidak Berdaya dalam Orang lain.

                   Rasa tidak berdaya ditanamkan ketika kita berada di fase awal anak-anak. Seorang anak yang dibiarkan untuk tidak melakukan sesuatu atau istilahnya mereka suka di manja, anak tersebut cenderung tidak bisa menghadapi tantangan seorang diri. Contoh lain, pimpinan yang tidak mau mendengarkan ide dan pendapat karyawannya, akan mematikan kreatifitas karyawan tersebut. Contoh-contoh di atas dapat memupuk rasa ketidakberdayaan di masing-masing individu tersebut.

     3. Imun dari Rasa Tidak Berdaya

                     Penanaman daya juang, kerja keras, dan mandiri sejak kecil akan berdampak baik bagi perkembangan anak tersebut. Mereka yang sudah dikenalkan dengan hal-hal tersebut  akan tumbuh menjadi manusia yang selalu berusaha, tidak mudah menyerah, dan selalu bangkit jika mendapat masalah. Berbeda dengan mereka yang tidak ditanamkan dari semasa kecilnya. Mereka cenderung hidup manja dan ketika dihadapkan pada suatu masalah yang tidak biasa mereka hadapi, mereka akan mudah menyerah dan pesimis.  Sehingga mereka cenderung tidak siap dalam menghadapi permasalahan yang ada di kehidupan nanti. 

 

               

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s